Komponen Jaringan

Host Roles

Jika Anda ingin menjadi bagian dari komunitas online global, komputer, tablet, atau ponsel pintar Anda terlebih dahulu harus terhubung ke jaringan. Jaringan itu harus terhubung ke internet. Topik ini membahas bagian-bagian jaringan. Lihat apakah Anda mengenali komponen ini di jaringan rumah atau sekolah Anda sendiri!

Semua komputer yang terhubung ke jaringan dan berpartisipasi langsung dalam komunikasi jaringan diklasifikasikan sebagai host. Host dapat disebut perangkat akhir. Beberapa host juga disebut klien. Namun, istilah host secara khusus merujuk ke perangkat di jaringan yang diberi nomor untuk tujuan komunikasi. Nomor ini mengidentifikasi host dalam jaringan tertentu. Nomor ini disebut alamat Internet Protocol (IP). Alamat IP mengidentifikasi host dan jaringan tempat host dilampirkan.

Prinsip Dasar Jaringan Komputer
Jaringan Komputer

Server adalah komputer dengan perangkat lunak yang memungkinkan mereka memberikan informasi, seperti email atau halaman web, ke perangkat akhir lainnya di jaringan. Setiap layanan memerlukan perangkat lunak server terpisah. Misalnya, server memerlukan perangkat lunak server web untuk menyediakan layanan web ke jaringan. Komputer dengan perangkat lunak server dapat memberikan layanan secara bersamaan ke banyak klien yang berbeda.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, klien adalah jenis host. Klien memiliki perangkat lunak untuk meminta dan menampilkan informasi yang diperoleh dari server, seperti yang ditunjukkan pada gambar.




Contoh perangkat lunak klien adalah browser web, seperti Chrome atau FireFox. Satu komputer juga dapat menjalankan beberapa jenis perangkat lunak klien. Misalnya, pengguna dapat memeriksa email dan melihat halaman web sambil mengirim pesan instan dan mendengarkan aliran audio. Tabel ini mencantumkan tiga jenis perangkat lunak server yang umum.

TypeDescription
EmailThe email server runs email server software. Clients use mail client software, such as Microsoft Outlook, to access email on the server.
WebThe web server runs web server software. Clients use browser software, such as Windows Internet Explorer, to access web pages on the server.
FileThe file server stores corporate and user files in a central location. The client devices access these files with client software such as the Windows File Explorer.


Peer-to-Peer


Perangkat lunak klien dan server biasanya berjalan pada komputer yang terpisah, tetapi juga memungkinkan untuk satu komputer digunakan untuk kedua peran pada saat yang bersamaan. Di usaha kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.

Perangkat lunak klien dan server biasanya berjalan pada komputer yang terpisah, tetapi juga memungkinkan untuk satu komputer digunakan untuk kedua peran pada saat yang bersamaan. Di usaha kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.

Keuntungan dari jaringan peer-to-peer:

  • Mudah diatur.
  • Tidak terlalu rumit.
  • Biaya lebih rendah karena perangkat jaringan dan server khusus mungkin tidak diperlukan.
  • Dapat digunakan untuk tugas-tugas sederhana seperti mentransfer file dan berbagi printer.

Kerugian dari jaringan peer-to-peer:

  • Tidak ada administrasi terpusat.
  • Tidak seaman itu.
  • Tidak terukur.

Semua perangkat dapat bertindak sebagai klien dan server yang dapat memperlambat kinerjanya



End Devices (Perengkat Akhir/Client)

Perangkat jaringan yang paling dikenal orang adalah perangkat akhir. Untuk membedakan satu perangkat akhir dari yang lain, setiap perangkat akhir di jaringan memiliki alamat. Ketika perangkat akhir memulai komunikasi, ia menggunakan alamat perangkat tujuan untuk menentukan di mana harus menyampaikan pesan.

Perangkat akhir adalah sumber atau tujuan pesan yang dikirim melalui jaringan.

putar video untuk melihat animasi data yang mengalir melalui jaringan.



Intermediary Devices / Perangkat Perantara

Perangkat perantara menghubungkan perangkat akhir individual ke jaringan. Mereka dapat menghubungkan beberapa jaringan individu untuk membentuk sebuah internetwork. Perangkat perantara ini menyediakan konektivitas dan memastikan bahwa data mengalir di seluruh jaringan.

Perangkat perantara menggunakan alamat perangkat tujuan akhir, bersama dengan informasi tentang interkoneksi jaringan, untuk menentukan jalur yang harus diambil pesan melalui jaringan. Contoh perangkat perantara yang lebih umum dan daftar fungsi ditunjukkan pada gambar.



Perangkat jaringan perantara melakukan beberapa atau semua fungsi ini:

Regenerasi dan kirim kembali sinyal komunikasi.

  • Menyimpan informasi tentang jalur apa yang ada melalui jaringan dan internetwork.
  • Beri tahu perangkat lain tentang kesalahan dan kegagalan komunikasi.
  • Data langsung di sepanjang jalur alternatif ketika ada kegagalan tautan.
  • Klasifikasi dan arahkan pesan sesuai dengan prioritas.
  • Mengizinkan atau menolak aliran data, berdasarkan pada pengaturan keamanan.


Catatan: Tidak ditampilkan adalah hub Ethernet lawas. Hub Ethernet juga dikenal sebagai repeater multiport. Repeater meregenerasi dan mentransmisikan kembali sinyal komunikasi. Perhatikan bahwa semua perangkat perantara menjalankan fungsi repeater.

Network Media / Media Jaringan

Komunikasi mentransmisikan melalui jaringan di media. Media menyediakan saluran tempat pesan bergerak dari sumber ke tujuan.

Jaringan modern terutama menggunakan tiga jenis media untuk menghubungkan perangkat, seperti yang ditunjukkan pada gambar:

Network Media / Media Jaringan



  • Kawat logam di dalam kabel - Data dikodekan ke dalam impuls listrik.
  • Serat kaca atau plastik di dalam kabel (kabel serat optik) - Data dikodekan ke dalam pulsa cahaya.
  • Transmisi nirkabel - Data dikodekan melalui modulasi frekuensi spesifik gelombang elektromagnetik.




Komponen Jaringan Komponen Jaringan Reviewed by tmv31 on 5/04/2020 01:33:00 PM Rating: 5

Komponen Jaringan. Semua komputer yang terhubung ke jaringan dan berpartisipasi langsung dalam komunikasi jaringan diklasifikasikan sebagai host. Host dapat disebut perangkat akhir. Beberapa host juga disebut klien. Namun, istilah host secara khusus merujuk ke perangkat di jaringan yang diberi nomor untuk tujuan komunikasi. Nomor ini mengidentifikasi host dalam jaringan tertentu. Nomor ini disebut alamat Internet Protocol (IP). Alamat IP mengidentifikasi host dan jaringan tempat host dilampirkan.

Tidak ada komentar:

no spam or will be deleted

Diberdayakan oleh Blogger.