Review Spider-Man: Far from Home (2019)


Peter Parker (Tom Holland) tengah mengunjungi Eropa untuk liburan panjang bersama temaan-temanya. Sayangnya , Parker tidak bisa dengan tenang menikmati liburannya, karena Nick Fury datang secara tiba-tiba di kamar hotelnya. Selama di Eropa pun Peter harus menghadapi banyak musuh mulai dari Hydro Man, Sandman dan Molten Man.
Director: Jon Watts
Writers: Chris McKenna, Stan Lee
Stars: Tom Holland, Samuel L. Jackson, Jake Gyllenhaal »
Genres: Action | Adventure | Sci-Fi 
Official Sites: Marvel [United States] | Official site
Country: USA
Language: English | Italian | Czech
Release Date: 3 July 2019 (Indonesia)
Runtime: 129 min
Sound Mix: Dolby Surround 7.1 | Dolby Atmos | Dolby Digital
Color: Black and White (ACES)| Color (ACES)
Aspect Ratio: 2.39 : 1



Review
Spider-Man: Far from Home menjadi kolaborasi Marvel Studios dan Sony Pictures yang menyegarkan. Sesuai dengan judulnya, kalian akan disuguhkan kisah liburan Peter Parker setelah peristiwa “snap” alias Decimation oleh Thanos.

Ketika dunia kembali normal setelah peristiwa di Endgame, Peter Parker kembali ke sekolah dan akan melakukan liburan musim panas bersama teman-teman sekelasnya. Misinya hanya ingin mengungkapkan perasaannya kepada MJ.

Sayangnya, dimana pun dia pergi, monster-monster selalu mengikutinya dan membahayakan orang-orang terdekatnya. Dibantu oleh Mysterio, Peter pun percaya Mysterio bisa gantikan Avengers di dunia.


Menyenangkan dari Awal sampai Akhir

Kembali digarap oleh Jon Watts setelah Spider-Man: Homecoming (2017), kalian akan disuguhkan kisah menyenangkan ala drama remaja dalam balutan nuansa superhero. Bukan kisah yang berat, terlebih, jika kalian udah bisa nebak alur karena baca komiknya.

Berangkat dari sebuah skrip yang ditulis kembali oleh Chris McKenna dan Erik Sommers, Watts dan timnya dengan riang mengeksplorasi apa yang terjadi lima tahun setelah jentikan jari Thanos yang menentukan dan bagaimana dunia membentuk kembali dengan cara-cara duniawi.


Film blockbuster ini bisa dibilang bikin Watss dalam posisi sulit dalam mengarahkan film. Soalnya, enggak hanya menempatkan Spider-Man di tempat penting MCU setelah jentikan jari Thanos, tapi juga soal kisah personal Peter Parker.

Tawa terus menghiasi bioskop di seperempat film pertama. Hal yang bikin kalian berharap film ini adalah komedi romantis. Gagasan konyol Peter tentang liburan di Venesia dan Paris dan curi-curi pandang ke MJ jadi hal fantasi remaja cowok yang bikin kalian tersipu.


Film Spider-Man: Far from Home berikan pemandangan baru, meski enggak bisa menyamai kesuksesan yang terinspirasi dari pendahulunya dan masih merujuk referensi komik.

Sisi emosionalnya juga lebih natural dan lebih otentik mewakili cinlok, kelabilan, dan gairah para remaja, meski sering kalah oleh kenaifan dan kurangnya pengalaman mereka.

Adegan aksinya pun lebih maksimal dibandingkan dengan film pertamanya. Aksi yang berskala monster tampil menakjubkan, tapi tetap membuat karakter utama enggak kehilangan pamornya.

Mirip film petualangan yang mempertahankan tingkat fokus yang presisi terhadap detail dalam tiap ketukan aksi. Sehingga, penonton enggak kehilangan mood dan terus menatap layar sampai film selesai.

Kedalaman Karakter yang Belum Pernah Kalian Lihat

Tom Holland dengan mudah jadi aktor terbaik untuk memerankan Peter Parker. Meskipun dia berusia 20 tahunan, Holland masih menarik jadi anak sekolahan. Holland bisa menggambarkan Peter Parker yang makin dewasa, jadi pendiam, lalu buat kesalahan besar, tapi harus penuhi tanggung jawabnya sebagai Avengers dan pelajar.

Zendaya mendapat banyak momen dan interaksi karakter yang luar biasa. Dia juga mendapatkan beberapa dialog terbaik dalam pengungkapan cerita, hingga ada chemistry nyata antara Zendaya dan Holland.

Jake Gyllenhaal sebagai Mysterio jadi villain yang patut diperhitungkan di Sony's Universe of Marvel Characters. Kalau enggak terbantu dengan desain produksi dan CGI maksimal, tampaknya dia akan jadi villain yang mudah terlupakan. Namun, Gyllenhaal memberikan Mysterio kombinasi karisma tersebut.

Angourie Rice sebagai Betty dan Jacob Batalon sebagai Ned sukses jadi scene stealer. Begitu juga dengan Jon Favreau sebagai Happy Hogan dan Marisa Tomei sebagai Bibi May. Peran mereka diperluas enggak hanya jadi teman sekolah Peter, tapi jadi bahan tertawaan kalian karena romansa ababilnya.

Tumpukan Ilusi dalam CGI dan Scoring

Sebenarnya, Spider-Man: Far from Home juga harus berfungsi sebagai ekstravaganza aksi, meski lebih baik dari film pertamanya. Sayangnya, hanya sebatas bagus, bukan luar biasa.

Secara visual, film ini melampaui Homecoming dalam skala, realisme, dan scoring, terlepas dari VFX, ya. Warna cerah seperti nuansa remaja, mengingatkan kita pada kesetiaan sumber buku komik.

Satu masalah dengan superhero blockbuster adalah adegan pertarungan klimaksnya cenderung menggantikan pemain fisik dan lokasi aktual dengan CGI, sehingga menjauhkan penonton dari aksi nyata.

Namun, dalam Spider-Man: Far from Home, kita berulang kali diingatkan bahwa adegan-adegan tersebut palsu. Bahkan yang bikin terpukau, pas kalian sadar bahwa semuanya bagaikan tumpukan ilusi dari kru maupun dari alur cerita yang semuanya dimasak di komputer.

Tonton Kedua Kali Enggak Rugi

Nah, saking menyenangkannya, film Spider-Man: Far from Home layak untuk dinonton berkali-kali. Hanya untuk membiarkan kalian menemukan detail-detail keren di set-piece CGI dari komik atau film terdahulunya.

Hanya saja, bagi kalian yang mengharapkan film Spider-Man: Far from Home sebagaimana sebenar-benarnya film manusia laba-laba, tampaknya bakal kecewa.



Sebaliknya, jika kalian menaruh standar film ini layaknya film solo superhero lain, kalian akan setuju bahwa film penutup fase 3 ini enggak mengecewakan.

Wajar jika selera film superhero kita makin tinggi, karena kita udah disuntik film superhero yang menggelegar, lalu pas nonton film Spider-Man: Far from Home rasanya nanggung.

Film dengan klasifikasi “Semua Umur” ini bisa kalian tonton pas banget di musim liburan. Film Spider-Man: Far from Home udah tayang sejak 3 Juli.

Oh ya, ada dua adegan post-credit yang membelalakkan mata kalian. Kalau udah nonton, bagikan pendapat kalian di kolom review yang ada di awal artikel ini, ya.


Review Spider-Man: Far from Home (2019) Review Spider-Man: Far from Home (2019) Reviewed by tmv31 on 7/05/2019 04:57:00 PM Rating: 5

Review Spider-Man: Far from Home (2019) BluRay 720p Subtitle Indonesia. Spider-Man: Far from Home menjadi kolaborasi Marvel Studios dan Sony Pictures yang menyegarkan. Sesuai dengan judulnya, kalian akan disuguhkan kisah liburan Peter Parker setelah peristiwa “blip” alias Decimation oleh Thanos.

Tidak ada komentar:

no spam or will be deleted

Diberdayakan oleh Blogger.