Materi Kuliah - Jenis-Jenis Jaringan Umum

Jaringan Berbagai Ukuran

Sekarang Kalian sudah terbiasa dengan komponen yang membentuk jaringan dan representasi mereka dalam topologi fisik dan logis, Kalian siap untuk belajar tentang berbagai jenis jaringan.

Jaringan tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer, hingga jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat.

Jaringan rumah sederhana memungkinkan Kalian berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar, dan musik, di antara beberapa perangkat akhir lokal.

Jaringan kantor kecil dan rumah kantor (SOHO) memungkinkan orang untuk bekerja dari rumah, atau kantor jarak jauh. Banyak pekerja mandiri menggunakan jenis jaringan ini untuk mengiklankan dan menjual produk, memesan persediaan, dan berkomunikasi dengan pelanggan.

Bisnis dan organisasi besar menggunakan jaringan untuk menyediakan konsolidasi, penyimpanan, dan akses ke informasi di server jaringan. Jaringan menyediakan email, pesan instan, dan kolaborasi antar karyawan. Banyak organisasi menggunakan koneksi jaringan mereka ke internet untuk menyediakan produk dan layanan kepada pelanggan.

Internet adalah jaringan terbesar yang ada. Padahal, istilah internet berarti "jaringan jaringan". Ini adalah kumpulan jaringan pribadi dan publik yang saling terhubung.

Di usaha kecil dan rumah, banyak komputer berfungsi baik sebagai server dan klien di jaringan. Jenis jaringan ini disebut jaringan peer-to-peer.

Jaringan Rumah Kecil

Jaringan rumah kecil menghubungkan beberapa komputer satu sama lain dan ke internet.
small home network consisting of a monitor, computer tower, keyboard, mouse, speakers, and printer located in a cabinet

Jaringan Kantor Kecil dan Jaringan Rumah

Jaringan SOHO memungkinkan komputer di kantor pusat atau kantor jarak jauh untuk terhubung ke jaringan perusahaan, atau mengakses sumber daya bersama yang terpusat.

small office home office network consisting of two office cubicles with desks, chairs, filing cabinets, monitors, telephones, a computer tower, and printer

Jaringan Menengah hingga Besar

Jaringan menengah hingga besar, seperti yang digunakan oleh perusahaan dan sekolah, dapat memiliki banyak lokasi dengan ratusan atau ribuan host yang saling terhubung.

medium to large network in a three-floor building with computer systems and printers on each floor

World Wide Networks

Internet adalah jaringan jaringan yang menghubungkan ratusan juta komputer di seluruh dunia.
jaringan yang menghubungkan ratusan juta komputer di seluruh dunia.

LAN dan WAN

Infrastruktur jaringan sangat bervariasi dalam hal:

  • jangkauan area yang bisa dicakupi.
  • Jumlah pengguna yang terhubung.
  • Jumlah dan jenis layanan yang tersedia.
  • Area tanggung jawab.


Dua jenis infrastruktur jaringan yang paling umum adalah Local Area Networks (LANs), dan Wide Area Networks (WANs). LAN adalah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke pengguna dan perangkat akhir di wilayah geografis yang kecil. LAN biasanya digunakan di departemen dalam perusahaan, rumah, atau jaringan bisnis kecil. 

WAN adalah infrastruktur jaringan yang menyediakan akses ke jaringan lain di wilayah geografis yang luas, yang biasanya dimiliki dan dikelola oleh perusahaan yang lebih besar atau penyedia layanan telekomunikasi. Gambar tersebut menunjukkan LAN yang terhubung ke WAN.
Lan and WAN infrastructure

LAN

LAN adalah infrastruktur jaringan yang menjangkau area geografis yang kecil. LAN memiliki karakteristik khusus:

  • LAN menghubungkan perangkat akhir di area terbatas seperti rumah, sekolah, gedung kantor, atau kampus.
  • LAN biasanya dikelola oleh satu organisasi atau individu. Kontrol administratif diberlakukan di tingkat jaringan dan mengatur kebijakan keamanan dan kontrol akses.
  • LAN menyediakan bandwidth kecepatan tinggi ke perangkat akhir internal dan perangkat perantara, seperti yang ditunjukkan pada gambar.
A network serving a home, small building, or a small campus is considered a LAN.

WAN

Gambar tersebut menunjukkan WAN yang menghubungkan dua LAN. A WAN adalah infrastruktur jaringan yang membentang area geografis yang luas. WAN biasanya dikelola oleh penyedia layanan (SP) atau Penyedia Layanan Internet (ISP).

WAN memiliki karakteristik spesifik:
  • WAN interkoneksi LAN di wilayah geografis yang luas seperti antara kota, negara bagian, provinsi, negara, atau benua.
  • WAN biasanya dikelola oleh beberapa penyedia layanan.
  • WAN biasanya menyediakan tautan kecepatan yang lebih lambat di antara LAN.

INTERNET

Internet adalah kumpulan jaringan yang saling terhubung di seluruh dunia (internetworks, atau singkatnya internet). Gambar ini menunjukkan satu cara untuk melihat internet sebagai kumpulan LAN dan WAN yang saling berhubungan.

LANs use WAN services to interconnect.


Beberapa contoh LAN terhubung satu sama lain melalui koneksi WAN. WAN kemudian dihubungkan satu sama lain. Garis koneksi WAN merah mewakili semua jenis cara kami menghubungkan jaringan. WAN dapat terhubung melalui kabel tembaga, kabel serat optik, dan transmisi nirkabel (tidak ditampilkan).

Internet tidak dimiliki oleh individu atau kelompok mana pun. Memastikan komunikasi yang efektif di seluruh infrastruktur yang beragam ini memerlukan penerapan teknologi dan standar yang konsisten dan diakui secara umum serta kerja sama banyak lembaga administrasi jaringan. Ada organisasi yang dikembangkan untuk membantu menjaga struktur dan standarisasi protokol dan proses internet. Organisasi-organisasi ini termasuk Internet Engineering Task Force (IETF), Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), dan Internet Architecture Board (IAB), plus banyak lainnya.



Intranets dan Extranets

Ada dua istilah lain yang mirip dengan istilah internet: intranet dan extranet.

Intranet adalah istilah yang sering digunakan untuk merujuk ke koneksi pribadi LAN dan WAN yang milik organisasi. Intranet dirancang untuk dapat diakses hanya oleh anggota organisasi, karyawan, atau orang lain dengan otorisasi.

Organisasi dapat menggunakan ekstranet untuk memberikan akses yang aman dan aman ke individu yang bekerja untuk organisasi yang berbeda tetapi membutuhkan akses ke data organisasi. Berikut beberapa contoh ekstranet:

  • Perusahaan yang menyediakan akses ke pemasok dan kontraktor luar
  • Rumah sakit yang menyediakan sistem pemesanan kepada dokter sehingga mereka dapat membuat janji untuk pasien mereka
  • Kantor pendidikan setempat yang menyediakan informasi anggaran dan personil untuk sekolah-sekolah di kabupatennya


Ilustrasi tersebut menggambarkan tingkat akses yang dimiliki berbagai kelompok terhadap intranet perusahaan, ekstranet perusahaan, dan internet.
Materi Kuliah - Jenis-Jenis Jaringan Umum Materi Kuliah - Jenis-Jenis Jaringan Umum Reviewed by tmv31 on 5/06/2020 01:56:00 PM Rating: 5

Jenis-Jenis Jaringan Umum. Jaringan tersedia dalam berbagai ukuran. Mulai dari jaringan sederhana yang terdiri dari dua komputer, hingga jaringan yang menghubungkan jutaan perangkat. Jaringan rumah sederhana memungkinkan Kalian berbagi sumber daya, seperti printer, dokumen, gambar, dan musik, di antara beberapa perangkat akhir lokal.

Tidak ada komentar:

no spam or will be deleted

Diberdayakan oleh Blogger.